Wednesday, April 20, 2011

Berburu Barang Vintage di Thief Market, Singapura

Masyarakat Singapura menyebut pasar loak di kawasan Sungei Road ini sebagai Thief Market karena dulu, banyak dari barang yang diperjualbelikan merupakan barang curian. Banyak yang mengaku mendapatkan barang berkualitas bagus dengan harga yang murah. Dulu, barang yang dijual di sini lebih banyak peralatan rumah tangga dan kaset atau piringan hitam usang dan novel serta majalah yang usianya sudah cukup lawas.

musti sabar ngubek2 barang

Tapi sekarang ini, Thief Market berubah jadi tempat mencari barang-barang vintage. Beberapa vendor menyediakan baju-baju vintage yang keren dengan harga yang masih terjangkau. Barang yang dijual sekarang ini tidak lagi identik dengan barang curian. Banyak dari pedagang, menjual barang-barang hasil cuci gudang. Kondisi barang masih sangat layak dan ada beberapa yang masih gres. Enaknya belanja di sini, Anda bisa mengasah kemampuan tawar menawar. Saya tidak pernah menawar setengah harga. Tapi bisa 80%-90% dibawah harga yang mereka tawarkan. Kalau tidak dapat, baru naik secara perlahan. Intinya, jangan sampai penjual mengetahui Anda begitu menginginkan barang yang mereka jual.

di antara barang2 ini terdapat harta karun

Mereka akan menahan harga di angka yang menyenangkan untuk mereka dan Anda yang akan dirugikan. Seperti saya mendapatkan sebuah syal keluaran sebuah rumah mode terkemuka di Perancis hanya dengan harga 10 dollar Singapura atau setara 70 ribu rupiah. Kondisinya masih sangat bagus. Tidak ada sedikit noda pun. Bayangkan, kalau beli di butik aslinya, saya harus mengeluarkan uang lebih dari 1,5 juta. Belanja di Thief Market membutuhkan kesabaran dan kejelian. Anda dituntut untuk seksama memerhatikan barang yang dijual. Periksa dengan teliti barang yang menarik perhatian. Jangan buru-buru mengambil keputusan. Periksa barang dagangan dari penjual yang berbeda. Jangan sampai Anda sudah menghabiskan uang banyak tapi ternyata ada barang di tempat lain yang lebih bagus dan lebih murah. Sayang kan. Karena Thief Market ini bergaya outdoor dan udara Singapura yang cukup panas, gunakan pakaian yang nyaman dan lindungi kepala dengan topi agar tidak jadi bulan-bulanan sinar matahari yang terik.

pasar outrdoor yang heboh buat pemburu barang antik dan vintage

Pasar ini mulai buka sejuk pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Semakin sore, jumlah pedagang yang menggelar jualannya semakin berkurang. Pagi hari paling nyaman mengunjungi tempat ini.


No comments: