Tuesday, October 27, 2009

stranded in Bangkok


buat pecinta belanja, Thailand itu negara yang nggak ada matinya.Segalanya murah tapi keren. bawa uang sedikit udah berasa banyak duit banget deh kalo di Thailand. Pemikiran kayak gini yang akhirnya membuat gw dan temen2 yang sedang nyobain amazing race di Thailand seperti lima orang ilang. berdasarkan pengalaman, bawa duit 2000 bhatt aja udah cukup buat jalan2 dan belanja2 di Bangkok. So, dengan super pede, gw merasa 2000 bhatt cukuplah. secara gw nggak minat buat belanja, gw merasa 2000 bhatt aja sudah lebih dari cukup.termasuk buat biaya penginapan, ongkos dll.

over pede ternyata sebagian dari dosa. penyakit ini juga menular ke anggota rombongan yang lain. malam itu, kita kelaparan dan berniat makan malam ke luar. sebelum berangkat cari makan, kita mampir dulu di phatpong untuk cuci mata. lumayan lah menghibur mas sipit dengan deretan wanita2 bercangcut yang lagi lendot2an di pilar2 cafe jalanan. abis dari phat pong, kita cari makan.

gw yang lagi ngidam durian keukeuh pengen cari durian sebelum makan. pokoknya durian. masak udah nyampe bangkok nggak nyobain durian bangkok. akhirnya mas sipit memutuskan kami cari durian bangkok di daerah Chinatown. "Di sana pasti banyak tukang duren kok," kata mas sipit pede. Berangkatlah kami berenam ke Chinatown. Di dalem taxi, ucun nanya anak2 punya duit berapa. langsung dunk tiap anak buka dompet masing2. dengan pede jayaraya gw bilang kalo gw masih punya duit 100 bhatt. gara2 perjalanan yang dari satu negara ke negara lain, otak gw rada eror. dipikiran gw tuh 100 bhatt = 100 sin dollar. "Tenang aja cun, gw masih punya 100 bhatt kok," jawab gw dengan nada pede, as ussual.

"eh tolol, 100 bhatt sama dengan 25 ribu perak tau nggak. segitu mah nggak ada artinya," jawab ucun dengan nada nyolot. weksssssssssssssssss. waduh gw langsung sadar. ternyata duit gw cuma 25 ribu. dan yang lebih parah, anak2 yg lain juga nggak punya duit banyak. rata2 cuma tinggal 100-200 bhatt.sama mengkhawatirkannya dengan gw.

sampe di Chinatown, duit 100 bhatt gw tuh nggak ada artinya. buat beli duren satu butir juga nggak cukup. manyun lah gw.impian gw buat makan durian bangkok langsung hilang lenyap. buat makan malem juga nggak cukup. jangankan buat makan durian, buat makan makanan yang keliatannya sedikit mahal aja duit 100 bhatt nggak akan cukup. baru deh berasa nggak enaknya terdampar di negara orang. nggak ada yang dikenal n nggak tau tempat buat nyari money changer. berlima kita jalan sepanjang Chinatown buat cari money changer. nanya kiri kanan tapi kagak ada yg gablek bahasa inggris.setelah nanya lebih dari 10 orang akhirnya kita ketemu money changer yang ternyata jg bukan money changer beneran. tempat itu travel agent yang buka sampingan jadi money changer. yg jaga encim2 yang umurnya nyaris 60an deh. mas sipit langsung dunk mempraktekan bahasa mandarinnya. "cie, ketemu sodara nih ceritanya. langsung deh curhat," ceplos gw.

si encim2 ini kayaknya takjup banget dengan si mas sipit yang membawa empat orang wanita sekaligus. ngeliat si mas yang sibuk nukerin duit, si encim langsung berpikir mas sipit sebagai potential client. "sex show?" tanya si encim dengan muka antusias ke arah mas sipit. sementara si mas sipit cuma bengong sambil nolak pake bahasa mandarin. gw ketawa ngakak ngedenger tawaran si encim yang tampangnya kayak germo. well, mungkin kalo si ulil ada di situ dia pasti bilang tampang si encim sama mesumnya dengan tampang gw. ha ha ha ha. si encim pikir, mas sipit itu jutawan flamboyan yang membawa tiga istri simpanan dan seorang cewek manis dan lugu (itu adalah gw). sepanjang jalan gw nggak berenti ketawa tiap kali inget tawaran si encim. "sex show?". tawa gw ilang setelah gw naik Tuk Tuk laknat.

No comments: