Tuesday, October 27, 2009

What You Should Know About Ucun Part-1

dedicated to UCUN…my beloved sista!

Buat sebagian orang yang nggak kenal-kenal banget sama Ucun mereka pasti bilang kalo Ucun itu orangnya teges, pendiam, sedikit sangar (secara tampangnya emang sedingin sipir penjara!), pinter, dan kaku. Itu kan menurut orang yang nggak kenal-kenal banget sama Ucun. Tapi buat gw dan beberapa orang yang kenal dia, Ucun itu lebih ancur dari sekedar penggambaran yang membosankan dan kesannya too cold walaupun yang spt gw bilang diatas, mukanya emang sedingin sipir penjara. So, sebagai adik yang baik dan berbakti pada kakaknya, gw merasa terpanggil untuk meluruskan persepsi yang salah tentang kakak gw ini.

1. Ucun dan Kerupuk
Kerupuk adalah makanan favorit Ucun. Bahkan sejak gw masih bayi dia berusaha untuk memperkenalkan makanan ini pada gw. entah maksudnya untuk mengenalkan nikmatnya kerupuk atau ada niat terselubung untuk membunuh gw. hal yang kedua itu masih jadi misteri. eniwei, kalau udah makan kerupuk dia suka ngga inget manner. Alias brutal abis dan sedikit barbar. Bayangin aja, kalau makan kerupuk, dia bisa ngebuka mulut dia lebar-lebar, kayaknya bakal ada yang mau ngerebut kerupuk itu dari dia. Padahal digigit dikit2 juga bisa dunk. Tapi ini nggak. Mulutnya langsung membuka dengan besar dan hap. Hilanglah setengah dari kerupuk cina yang gopean itu (kayaknya ini sedikit hiperbola ya!). Tapi gw nggak melebih-lebihkan soal mangap dengan mulut sangat lebar pas makan kerupuk. Kalo nggak percaya, coba aja perhatiin kalau dia lagi makan kerupuk. Niscaya loe akan mengamini omongan gw.

2. Ucun dan Bantal
Gw rasa menjadi anak tunggal selama lima tahun, sebelum akhirnya kebahagiaanya terampas dengan lahirnya gw yang super manis ini, membawa dampak yang kurang bagus buat Ucun, terutama dalam hal bantal. Dia merasa bahwa semua bantal di kasur adalah miliknya. Walhasil, kalau tidur sebelahan dengan gw atau mama, pasti deh tangannya suka ngusek-ngusek bantal gw dari bawah dan lama2 bantal itu menghilang. Pencurinya? Ya tidak lain dan tidak bukan dari si Ucun markucun itulah. Nggak jelas juga kenapa dia tidak bisa menerima kebahagiaan orang disebelahnya yang tidur dengan bantal.

3. Ucun dan Gosip
Disinilah bedanya gw dan Ucun. Gw sangat piawai dan gape dalam bergosip, bergunjing atau apa pun itu namanya. Wajarlah kalau gw punya naluri bergunjing yang sangat tinggi. Sementara si Ucun sangat cupu alias katro banget dengan hal-hal yang beginian. Sering banget dia jadi bahan becandaan gw n anak2 kost di blok A. Karena kalau kita sedang sibuk bergunjing, dengan tampang tablo alias oon banget, dia langsung ikutan nimbrung dengan pertanyaan yang standard "apaan sih? ada apaan nih?" Langsung dunk ill feel orang ya. Kesaksian gw ini bisa di perkuat oleh tante linong yang gw yakin dan percaya bakal mengangguk dengan setuju dengan gw. Soal gosip ini, ada hal yang jadi trade mark Ucun banget. Kalau kita lagi ngomongin orang karena gayanya aneh or emang aneh dan menggelikan, jangan langsung ngasih tau Ucun. Soalnya, dia punya kecenderungan langsung melihat kepada si tertuduh dengan muka penasaran. Langsung dunk, orang itu tau kalau kita lagi ngomongin dia. Walaupun udah berkali2 di bilang jangan langsung noleh, nggak berdampak apa-apa buat Ucun. tetep aja dia langsung noleh. Refleks yang buruk kan. Jadi, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, kalau mau bergosip dengan Ucun, ingat-ingat lah kemungkinan ini.

4.Ucun dan Menyanyi
Dari kecil, Ucun emang udah terkenal suka pamer nyanyi di depan orang-orang. Sebagai penggemar berat Chicha Koeswoyo dengan lagu andalannya Heli Guk Guk Guk, Ucun emang rajin mengasah bakat menyanyinya. Ikutan Paduan Suara inilah, Ikutan Vocal Group itulah, sampai ikutan nyanyi di JBS. Tapi ada yang perlu diketahui soal Ucun dan menyanyi. Walaupun suaranya emang lumayan (dibandingin gw yang menurut dia nggak tahu not ini), Ucun paling parah kalo suruh ngapalin lirik lagu. Dia sering banget mengganti lirik lagu. Kalau gw harus sebutin satu2 lagu apa aja yang liriknya pernah dia ganti, nulis 2 jam pun daftarnya belum abis. Saking panjangnya. Karena bergabung dengan JBS yang notabenenya harus nyanyi and akting, otomatis dia harus apal dunk. Cilakanya, dia nggak pernah apal. Jadi tiap kali JBS tampil. Gw akan duduk manis dan memperhatikan mulutnya. gw yakin banget, ada lirik yang dia lupa dan dia akan berakting lipsing. Tapi gw kan nggak bisa ditipu. Kalau kebetulan pas dia lagi akting begitu, dia ngeliat kearah gw, dia pasti langsung nyengir malu-malu. As if gw lagi bilang Gotcha!!!!.

5.Ucun dan Teknologi
Untuk urusan kerjaan mulai dari bikin monthly report sampai proposal yang ribet dan budgeting, Ucun boleh jago dan gw akuin dia emang jawara lah. Tapi kalo udah ketemu ama yang namanya teknologi. Wah, ini orang emang Gaptek banget. Sumpah mati gaptek. Waktu pertama kali punya account di FS dia bingung dan sibuk bertanya2 bagaimanakah caranya upload foto dan bikin caption. Chatting di YM juga sering keder. Nggak tau bagaimana caranya buat conference talk, upload foto disamping account dan yang lain-lain. Pokoknya Gaptek abis deh. Jadi gw sering banget nyelain dia dengan kegaptekannya itu. Udah gitu pembelaan dia kalau dicelain juga nggak kreatif. Palingan dia cuma jawab.."biarin atu lah. atu lah!"

6. Ucun dan Mobil
Ucun belajar nyetir dari umur 16 tahun dan soal nyetir emang boleh deh diacungin jempol. Dia apal jalan di jakarta. Dari jalan gede sampe jalan tikus. Mungkin dia punya bakat terpendam jadi supir taksi kali ya. Tapi dibalik kehebatannya itu, ada juga sisi noraknya. Walaupun gaya eksekutif, tapi urusan nyetir mobil, Ucun punya mental supir batak. Satu hari, dia harus pulang ke jakarta dengan kereta jam 5 tapi dia baru berangkat dari rumah jam 4.30 dan panik takut ketinggalan kereta. papa nyuruh Ucun aja yang nyetir. Dasar supir batak, Ucun langsung tancap gas dan bahu jalan dihajar aja. Sementara papa duduk dengan pucet disampingnya. "Buru2 nih Pa.Kalau nggak ntar gw telat!" Ucun mencoba menenangkan papa. Mental supir batak ini ternyata dia tularin ke Mama. Satu hari mama jemput gw dan pas belok gw sampe serem ngeliat caranya belok yang langsung tancap gas n nggak pake sign. "Ma, nyetirnya kok gini sih?" gw komplain. Jawaban Mama lebih mengejutkan lagi. "Mbak Shinta kok yang ngajarin!" Gubraks…Mau pingsan nggak sih loe?

7.Ucun dan Alkohol
Yah, kalau yang ini mah jangan tanya deh.
Coba aja loe cekokin dia dengan 2 gelas wine, pasti deh ketololan selanjutnya akan kelihatan. Dia mulai cengengesan dengan muka bego dan ketawa ketiwi. Menurut gosip terakhir, gara-gara minum margarita, Ucun menabrak pintu kasa sampai pintunya roboh. Dasyat kan. Jadi kalau butuh hiburan, bikin aja Ucun mabok. Dijamin deh loe bisa tertawa dengan terbahak2 dan bahagia.

Sebenernya listnya masih panjang, tapi karena gw udah di SMS-in sama Ika buat ketemuan, terpaksalah list ini gw lanjutkan lain kali ya. Masih banyak yang belum orang tau tentang Ucun and I ll tell u that.

Bersambung lah

No comments: