Sunday, March 13, 2011

Ngunyen Thi Tanh (The Lunch Lady) yang Memesona



Kalau ada satu tempat makan yang paling berkesan di seluruh Vietnam, dengan mudah saya akan menyebut Ngunyen Thi Thanh sebagai pemenangnya. Bagaimana tidak, wanita berusia hampir setengah abad ini memiliki kepekaan bisnis layaknya lulusan Harvard dan kelezatan makanan layaknya chef internasional berbintang empat. Insting bisnis ini ditunjukkan Ngunyen Thi Thanh dengan membuat variasi menu yang berbeda setiap hari dengan harga yang tidak pernah naik. Alhasil, setiap harinya wanita yang menjajakan dagangannya sejak pukul 8 pagi ini bisa menjual 100 mangkuk per hari. Datang kesiangan, sudah pasti kehabisan. Walaupun setiap harinya Ngunyen tutup warung jam satu siang, tapi biasanya jam 12-an, sup buatannya tak bersisa. Karena alasan inilah, teman saya yang menyebut Ngunyen Thi Thanh sebagai penyelamat bagi ibu-ibu pemalas ini memaksa datang lebih pagi. “Biar dapat pelayanan terbaik,” ujarnya. Saya menurut saja. Sampai di gerobak Ngunyen Thi Thanh, antrean pengunjung sudah cukup panjang. Menurut teman saya ini, sari kaldu yang digunakan dibuat sendiri sehingga rasanya mantap. Karena saya datang hari Kamis, saya kebagian menjajal Bun Mam. Kuah bihun ini berwarna sedikit kemerahan dan di dalamnya terdapat potongan terong, okra, nanas, daging babi panggang, dan udang. Kuahnya sendiri terbuat dari kaldu ikan. Harum kaldu yang sudah bercampur dengan bumbu begitu membangkitkan selera. Rasanya perpaduan antara gurih dan asam. Tapi yang pasti lezat. Saat kuah masih mengepul, saya mulai melahap makanan ini dengan semangat. Bahan-bahan yang segar membuat kualitas masakannya pun jadi luar biasa. Jujur setelah merasakan menu Kamis, saya jadi penasaran dengan menu hari lainnya. Sayang, waktu yang saya punya di Ho Chi Minh begitu mepet. Tapi saya berjanji, saya akan kembali dan mencoba sup di hari lainnya. Mungkin menghabiskan enam hari berturut-turut untuk menikmati kejutan-kejutan lain yang disiapkan Ngunyen Thi Thanh buat pelanggannya.

Dekat 23 Hoang Sa Street, Distrik 1

Jam Operasional : 08.00-13.00

Harga : 13.000 VND


No comments: