Friday, March 11, 2011

Bale Raos : Rumah Sang Sultan Bersantap

Rumah makan yang berada di lingkungan keraton Yogyakarta ini dikelola Gusti Pembayun, putri sulung Hamengkubuwono X. Menu yang disajikan merupakan menu favorit para Sultan yang diturunkan langsung dari kalangan dalam istana. Ruangan restoran pun ditata sedemikian rupa sehingga mendekati ruangan makanan Sultan. Di bagian depan terdapat teras yang luas yang bisa digunakan untuk pementasan tari. Beberapa waktu lalu saya sempat menyaksikan pagelaran sendratari khas keraton sambil menikmati favorit Sultan HB VIII-X. Nuansa keagungan terasa sekali. Terutama saat para pelayan yang mengenakan kebaya berjalan membawa hidangan dalam piring keramik diiringi bunyi gamelan. Meski tidak ada aturan dalam berbusana, ada baiknya mengenakan pakaian formal dan sepatu.

Selain menyajikan menu a la carte, Bale Raos juga menyediakan sajian set menu dengan pelayanan yang mengingatkan pada jamuan makan di hotel berbintang. Rijstaffel, menu andalan para bangsawan dan tuan tanah di zaman Belanda pun tersedia di sini. Walaupun penyajiannya tidak seheboh sebuah rumah makan spesialisasi rijstaffel di Jakarta. Rijstaffel terdiri dari 6-7 menu yang dimulai dengan nasi dua warna; merah dan putih, lauk salah satu pilihannya Bebek Suwir Suwir favorit HB X, sayur dan dessert. Jika Anda ingin menikmati Rijstaffel sambil diiringi siteran, atau gamelan dengan lagu yang lirih, Anda bisa mendapatkan dengan membayar 550 ribu rupiah. Siteran ini akan menemani Anda sampai selesai makan malam. “Ada juga pengunjung atau grup yang minta disediakan penari. Kalau dengan iringan musik melalui kaset, biayanya sekitar 500 ribu rupiah. Tapi kalau pakai gamelan, harganya mulai 1,5 juta rupiah,” ungkap Betty, Supervisor Bale Raos.

Setiap malam minggu tersedia live music keroncong. Musik khas Jawa Tengah ini dijamin menarik Anda kembali ke masa lalu. Di sini, kami jatuh cinta pada Bestik Lidah kesukaan HB IX dan Bebek Suwir Suwir, salah satu menu favorit HB X. Daging lidahnya empuk dan saus bestiknya tidak terlalu manis. Kentang ongloknya benar-benar gurih dan empuk. Disandingkan dengan sayuran yang di-stoop. Sementara Bebek Suwir Suwir disajikan dengan potongan nanas goreng yang menebarkan harum semerbak dengan tambahan saus buah kedondong. Perpaduan daging babek yang gurih terasa menggoda dengan saus kedondong dan nanas goreng yang asam manis.

Jl. Magangan Kulon No. 1

Kraton Yogyakarta

T : 0274 415550

Buka : 09.30-21.30, Senin : 09.30-15.00

Harga : Rp. 13.500- Rp.40.000

No comments: