Monday, March 14, 2011

Shop Till You Sweat di Chatuchak Market, Bangkok


“Take a deep breath, relax, don’t get yourself a panic attact. Hold yourself together.” Kata-kata pertama yang dilontarkan kakak perempuan saya, Shinta saat pertama kali saya menginjakkan kaki di pasar ini beberapa tahun lalu. Shinta tahu sekali saya bakal panik masuk ke dalam pasar yang berisi barang-barang bagus dengan harga yang sangat murah. Dan hal itu yang terjadi. Saya panik melihat barang-barang yang ada dan menghabiskan uang saku di sana dan membeli banyak barang. Pasar Chatuchak yang dikenal dengan sebutan Jatujak atau JJ Market oleh Bangkokian ini luasnya sekitar lebih dari 1 kilometer dan setiap Sabtu-Minggu kurang lebih 200.000-300.000 pengunjung memenuhi pasar ini. Ada lebih dari 1.500 toko yang dibagi ke dalam 27 seksi. Ada beberapa barang yang menurut saya sangat keren dan wajib dibeli saat ada di pasar ini. Contohnya, asesoris. The latest fashion items ada di sini. Harganya memang sudah tidak semurah saat pertama kali saya berkunjung beberapa tahun lalu, tapi tetap saja masih ada dalam kategori murah. Pakaian juga harganya rumah dan sangat terjangkau bahkan buat saya. Jeans, salah satu fashion item yang menjadi incaran banyak orang. Di sini ada banyak sekali jeans bermerek internasional. Baik yang baru maupun yang bekas. Sayangnya, mencari tempat mencoba yang sedikit susah. Jadi Anda harus menggunakan cara alternatif untuk memastikan celana yang dibeli pas dibadan. Caranya bisa dengan melingkarkan pinggang celana disekeliling leher atau mengukurnya dengan sikut, atau bisa juga mengukurnya dengan lingkaran pinggang. Saya sudah dua kali membeli jeans di sini dan saya cukup puas, walau tidak bisa mencobanya di tempat. Sebagai shoesaddict, saya juga suka dengan sepatu rancangan perancang lokal. Oh, ya itu yang lupa saya mention. Di Chatuchak, banyak sekali toko-toko yang menggelar barang-barang rancangan desainer muda yang baru meniti karier. Rancangannya trendi dan modern. Sepatu clog yang kelihatannya kurang cantik, di sini tampil dengan desain yang manis. And now, I’m a clog lovers.

Setelah puas belanja, saya pasti akan melangkahkan kaki ke Soi 24, di mana warung-warung makan terenak berada. Makanan favorit saya sebenarnya sih sederhana saja. Ketan dengan ayam goreng. Menu ini pasti saya pesan. Tapi tidak hanya itu saja. Saya juga suka dengan beberapa makanan, seperti sate babi, sate ayam, kebab Turki dan es krim Turki. Penjualnya asli Turki lho dan kadang suka sedikit ganjen dengan pembeli. Jadi kalau dia bersikap terlalu manis, ya nggak usah terlalu dimasukkan ke hati. Nikmati saya es krim Turki yang enak. Buat teman-teman Muslim, bisa makan dengan tenang di Saman Islamic Foods. Nasi Ayam Biryani-nya patut dipuji. Warung milik Khun Fatima ini juga menyediakan menu khas Thailand seperti Tom Yam.

Tip Survive at Chatuchak Market

1. Minta peta pasar di pintu masuk. Perhatikan peta dan lihat kawasan mana yang ingin Anda tuju dan barang yang Anda cari

2. Gunakan tas pinggang dan pakai di dalam kaos. Masukkan uang ke dalam tas ini agar aman dari pencopet

3. Pilih pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana pendek serta sandal yang nyaman. Cuaca di Bangkok sangat panas, ditambah dengan jumlah orang yang memenuhi pasar, Anda membutuhkan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat

4. Bawa air mineral dan tissue basah

5. Bawa uang pecahan kecil

6. Jangan membeli barang tanpa menawar. Paling tidak Anda menawar 50% dari harga yang ditawarkan

7. Chatuchak is a non smoking area. Jangan merokok kalau Anda tidak ingin diganjar denda sebesar 2000 bhatt

Menggunakan Skytrain turun di BTS Mo Chit

Menggunakan MRT turun di Stasiun Chatuchak Park atau StasiunKamphaengpetch

Jam operasional : Sabtu-Minggu : 06.00-18.00

No comments: