Wednesday, December 8, 2010

Lebih Langsing dan Sehat dengan Raw Food Diet

Diet makanan mentah atau raw food diet sekarang ini sedang banyak diperbincangkan di Amerika. Sejumlah bintang Hollywood seperti Mel Gibson, Uma Thurman, Demi Moore, Catherine Zeta Jones, Woody Harrelson dan James Brolin mengikuti pola diet makanan mentah. Sebenarnya model diet ini sudah ada sejak tahun 1900-an. Ann Wigmore dan Herbert Shelton mengungkapkan diet makanan mentah, terutama buah dan sayuran ideal bagi manusia. Artturi Virtanen, pemenang nobel perdamaian di bidang kimia ini menambahkan bahwa enzim pada makanan mentah masuk ke dalam tubuh saat sayuran dikunyah. Para pendukung diet makanan mentah percaya enzim dari makanan yang dikonsumsi tanpa melalui proses pengolahan bisa sampai ke dalam perut secara utuh.

Raw food diet yang diperkenalkan di Indonesia sejak beberapa waktu lalu diterapkan dengan gaya lebih permisif. Makanan yang dikonsumsi tidak 100% mentah, melainkan hanya 75% saja yang mentah. Selebihnya dimasak, tapi dengan catatan tidak melalui proses masak di atas suhu 48 derajat Celcius. Tentu saja gaya diet seperti ini disesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang sudah terbiasa mengonsumsi makanan dengan makanan dengan bumbu rempah yang kaya dan tambahan santan yang dimasak dalam kurun waktu tertentu. Raw food diet dipercaya tak hanya mengikis jumlah kilogram dari tubuh tapi juga membuat awet muda dan kulit tubuh tampak lebih bersih dan cantik. Menjalankan pola makan serba mentah ini juga bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, migrain, keluhan nyeri punggung dan leher, asma, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan juga kanker.

Menurut Alissa Cohen, salah seorang praktisi raw food diet, makanan mentah yang dimaksud terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu segar, daging dan ikan segar, padi-padian dan kecambah. Jika Anda ingin menjalankan pola makan serba mentah tapi masih tetap menyantap daging atau ikan, masih diizinkan. Selama Anda tidak menyantap makanan olahan yang dimasukkan ke dalam kaleng atau botol. Selama daging atau ikan dikonsumsi dalam keadaan segar, tidak akan berbahaya bagi tubuh. “Ikan dan daging masih bisa dimakan secara mentah. Tinggal ditambahkan dengan saus atau kecap asin dan dimakan seperti sashimi tidak akan berbahaya. Kecuali untuk unggas dan daging babi tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Harus dimasak sampai matang,” ungkap Toar Christopher, seorang chef yang biasa menyajikan menu sashimi. Sama dengan makanan, minuman yang dikonsumsi pun tidak boleh dimasak. Sebaiknya air dimasukkan terlebih dahulu ke dalam mesin purifier sebelum dikonsumsi. Mesin purifier dapat ditemukan di supermarket atau toko peralatan rumah tangga. Proses purifikasi dipercaya bisa menghilangkan warna, bau dan rasa serta mematikan zat kaporit, klorin, insektisida, deterjen dan karsinogenik yang dipercaya dapat menyebabkan kanker.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba pola makan seperti ini, beberapa hari pertama tubuh akan terasa mengigil, mual dan pusing. Hal ini terjadi karena tubuh Anda sedang mengalami proses pembersihan atau detoksifikasi. Racun dalam tubuh yang masuk melalui makanan tidak sehat dikeluarkan secara perlahan sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Jangan berhenti. Dalam beberapa hari tubuh akan mulai menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru dan keluhan yang semula menyerang perlahan hilang.

Jika Anda setia menjalankan pola makan serba mentah ini, dalam beberapa bulan tubuh akan terasa lebih fit, kulit wajah dan tubuh lebih halus, bersih dan bersinar. Wajah terlihat jauh lebih muda. “Dua minggu menjalankan pola makan mentahan, saya merasakan perubahan luar biasa. Semangat saya meningkat dan tubuh terasa segar. Kulit punggung saya yang biasanya berjerawat menjadi bersih dan halus. Tidak ada lagi bau mulut yang mengganggu. Rambut saya tidak berminyak. Saya merasa lebih sehat dan cantik. Self esteem saya terpompa,” ucap Elen, Executive Secretary yang tengah berusaha setia menjalani pola makan serba mentah.

Mulanya Elen kebingungan mengatur menu makan agar tidak bosan. “Awalnya sulit sekali mencari makanan yang mentah dan mengatur menu apa yang akan dimakan tiap harinya. Tapi setelah menjalankannya selama sebulan, saya mulai menemukan kuncinya,” papar perempuan bertubuh jangkung ini. Setiap pagi, sebelum memulai aktivitas, Elen meneguk 4 gelas air putih. Menjelang berangkat kantor, ia mengonsumsi segelas besar jus buah yang terdiri dari dua buah apel, satu buah belimbing dan sedikit air lemon. “Jus cukup membuat perut saya penuh. Jika lapar, saya makan satu buah apel atau pepaya jam 10 pagi. Makan siang biasanya salad dengan irisan salmon atau kacang-kacangan. Sore hari saya minum jus segar lagi atau makan pisang 2 buah. Malam saya makan sushi atau sashimi. Bisa juga ngemil kacang-kacangan,” paparnya.

Untuk membantu Anda memulai pola makan mentah, berikut ini kami berikan beberapa menu yang bisa digunakan sebagai awalan. Seperti yang dikatakan Alissa Colen, ada banyak resep yang bisa diciptakan untuk membantu Anda menghasilkan makanan mentah dengan citarasa yang tidak berbeda dengan masakan matang.

Jus Sehat

Bahan :

2 buah beet

1 buah wortel

1 buah apel

1 buah jeruk nipis atau lemon

Cara Membuat :

Cuci dan bersihkan beet, wortel dan apel. Potong dengan ukuran lebih kecil dan masukkan ke mesin juicer. Masukan jus ke dalam gelas dan tambahkan perasan jeruk lemon. Aduk sampai rata dan sajikan.

Puding Mangga

Bahan:

2 buah mangga

¼ butir lemon

1 butir kelapa muda, diparut tipis

Cara Membuat :

Kupas mangga dan pisahkan dari bijinya. Blender mangga ditambah dengan perasan ¼ butir lemon. Biarkan hingga lembut dan taburi dengan parutan kelapa muda di atasnya.

Kari Thailand

Bahan :

1 buah paprika

¼ buah kembang kol, diparut

¼ buah brokoli, diparut

¼ ubi, potong dadu

1 mangkuk kecil kol

1 buah wortel, parut

1 genggam kismis rendam

Saus

2 sendok makan santan

¼ mangkuk kecil susu rami

jus akar parsnip secukupnya

2 sendok makan perasan lemon

1 sendok makan perasan jahe

1 sendok makan lemon grass

3 lembar daun ketumbar

2 buah cabai merah, iris tipis

1 buah bit, potong dadu

Cara Membuat :

Campurkan semua bahan-bahan ke dalam mangkuk besar dan aduk sampai merata. Blender bahan saus dan tuangkan ke dalam mangkuk. Kari a la raw food sudah siap disajikan.

No comments: