Wednesday, December 8, 2010

Makan Dikegelapan

Dalam salah satu episode CSI New York, penonton dibawa ke sebuah resto yang menyediakan sushi dan sashimi di dalam ruang resto yang gelap gulita. Seluruh indra harus siaga untuk bisa menyantap makanan yang ada. Jika Anda penasaran merasakan sensasi yang serupa, tidak perlu jauh-jauh ke New York. Anda bisa menjajalnya di Bandung, tepatnya di Ciwalk. Tepat di depan gerai JCo, terdapat Blind Resto. Bangunan yang memadukan warna hitam dan hijau ini dari luar terlihat biasa. Tapi saat Anda mulai masuk dan memesan, Anda akan dibawa menuju ke ruangan di bagian atas yang gelap gulita. Tidak ada setitik sinar pun yang bisa Anda lihat. Begitu memutuskan makan di sini, saya dituntun menuju meja oleh Miskan, seorang tuna netra yang sudah bekerja selama dua tahun di resto ini. “Pegang tangan saya ya. Saya akan mengantar dan melayani Anda selama berada di atas,” ujar Miskan. Semua alat yang mengeluarkan cahaya seperti ponsel, ipod dan sejenisnya harus dimasukkan terlebih dahulu ke dalam loker.

Tiba di atas, saya mulai dilanda ketakutan. Tidak ada cahaya sama sekali yang bisa saya lihat. Semuanya hitam dan gelap. Apa yang ada di samping kiri dan depan saya pun tidak terlihat. Saya hanya mengandalkan pada Miskan. Berserah penuh. Pelayan dengan night vision goggle akan membawakan pesanan. Sementara Miskan membantu saya memegang sendok, garpu dan minuman. Saya memesan Roasted Oxtail Barbeque sedikit kelimpungan. “Ingat ya, nasi disebelah kiri, oxtail di kanan. Di depan ada emping dan sambal di atasnya. Di kanan depan, kuahnya,” ungkap pelayan yang datang menggunakan night vision goggle ini. Dengan meraba-raba, berusaha menghabiskan dan menikmati Oxtail Barbeque yang lezat yang ditemani dengan segelas jus stoberi. Piring dan gelas makanan terbuat dari plastik. “Ada beberapa pelanggan yang menumpahkan makanan atau minumannya karena tidak biasa,” papar Miskan. Meski awalnya sedikit kewalahan menyantap makanan di tengah kegelapan, lama kelamaan semua indra menajam dan bisa menikmatinya. Lebih asyik jika mengajak sahabat menikmati pengalaman unik ini. Dijamin gelak tawa akan membahana.

Blind Resto

Cihampelas Walk

Bandung

T : 022 2061082

Buka : 10.00-22.00

Harga : Rp. 8.5000-Rp. 40.000

No comments: